Objek Wisata Waduk Darma di Kuningan


Kuningan adalah kabupaten di Jawa Barat dengan Tipografi berbentuk perbukitan dan pegunungan ternyata menyimpan sejuta potensi wisata alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Waduk Darma. Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya kabupaten Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan berada pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis. Menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk. Kapasitas genangan air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota Cirebon. Waduk ini memiliki sarana rekreasi, olahraga dan beberapa fasilitas diantaranya : • Areal kemping • Kolam Renang Anak-anak • Perahu Motor • Cottage, dll. Lokasi  : Desa Jagara Kecamatan Darma, ± 12 km dari Kota Kuningan ke arah Barat Daya, atau ± 37 km dari Kota Cirebon.
Jika Anda datang dari Bandung maka Anda harus menuju Kuningan Kemudian Menuju Lokasi. Jika dari Jawa tengan dengan Jalur pantura anda dapat langsun menuju Kabupaten Kuningan. begitu pula jika anda dari Cirebon Rute yang dilalui persis sama. Lain halnya jika anda datang dari Kota Ciamis, maka rute anda adalah ke utara menuju arah cirebon. Sepanjang perjalanan anda akan sisuguhi pemandangan alam berupa bukit dan pegunungan yang sejuk dan masih alami serta jalanan yang berkelok menambah suasana perjalanan.
Keberadaan Waduk Darma pada masa para wali datang ke Darma  sudah merupakan situ/danau kecil dan sebagian merupakan kawasan pesawahan dan pemukiman penduduk serta merupakan titik temua antara Desa Darma, Jagara, Sakerta, Paninggaran, Cipasung, Kawah Manuk dan Parung. Sawah terbentang dengan luasnya aliran sungai Cisanggarung meleok - leok dari selatan ke utara, burung bangau burung kuntul datang berterbangan mencari ikan di petak - petak persawahan dan di rawa - rawa, gemercik suara air dan suara katak bersautan memecah keheningan daerah yang indah. Di sebelah timur tampak berdiri megahnya bukit Pabeasan, dan sebelah barat tampak pula bukit Panenjoan yang membatasi kawasan Kabupaten Kuningan dengan Kabupaten Majalengka. Di tengah-tengah Waduk Darma air meluap dari mata air Cihanyir, di sebelah utara tampak berdiri sosok keperkasaan Gunung Ciremai. Dikala para wali masih hidup Waduk Darma sudah di buat bendungan/situ yang cukup besar yang di buat oleh Mbah Satori (Mbah Dalem Cageur). Adapun air yang di pakai untuk mengairinya berasal dari mata air Cihanyir yang berada tepat di tengah Waduk Darma dan dari hulu sungai Cisanggarung.
Disekitar Area objek wisata telah tersedia banyak cottage dan akan terus dikembangkan. tentunya penginapan disini tarifnya sangat terjangkau. Bagi yang ingin menginap di Hotel anda bisa menginap di sekitar pusat Kota Kuningan dan melakukan perjal;an ke objek wisata pada pagi harinya. Bagi anda yang ingin berhemat atau memang suka berpetualang maka pilihan jatuh pada Camping, ya bertenda dan berkemah disekitar area danau serta menikmati malam bersama adalah hal yang sangat menyenangkan.


Sumber : www.wadukdarma.com

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger