Belanja Permata dan Souvenir Cantik di Martapura


Martapura bisa dikatakan surganya penggila pernak-pernik dan perhiasan. Di sinilah salah satu daya tarik wisatawan Kalimantan Selatan, karena biasanya orang luar daerah yang berkunjung ke Kalimantan Selatan rasanya kurang lengkap jika belum berkunjung ke tempat yang satu ini. Anda bisa mendapatkan aneka pernak-pernik seperti cincin, gelang, kalung, bros, tas, dan sebagainya yang terbuat dari aneka macam bahan dari berlian asli, emas, sirkon, perak, batu alam, kristal hingga bahan imitasi dari kaca maupun plastik. Perhiasan Martapura telah terkenal sampai taraf internasional. Hal tersebut dikarenakan perhiasan berlian dan perhiasan batu Kalimantan Martapura memeliki beberapa kelebihan diantaranya:
  1. Perhiasan batu Kalimantan dan perhiasan berlian Martapura memiliki nilai artistik dan nilai keindahan yang sangat tinggi.
  2. Perhiasan Martapura berasal dari perpaduan batu mulia yang memiliki warna mencolok dan sangat dominan kadar warnanya, sehingga sangat indah bila dikreasikan dalam berbagai jenis bentuk pernak-pernik dan perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, gelang kaki, anting-anting dan berbagai pernak-pernik lainnya.
  3. Perhiasan berlian dan perhiasan batu Kalimantan memiliki orisinalitas cukup tinggi, karena sistem produksi perhiasan di Martapura masih tergolong semi tradisional.
  4. Perhiasan Martapura memiliki tingkat harga yang sedikit lebih miring dibandingkan dengan perhiasan-perhiasan lainnya. Walaupun harganya lebih miring, kualitas dari perhiasan Martapura tetap terjaga dengan baik. Berikut ini kisaran harga dari berbagai pernak-pernik Martapura
 
  • Aksesoris seperti bros, jepit dan tasbih: Rp 25.000 sampai Rp 100.000
  • Kerajinan unik dari batu ronce dan manik: Rp 10.000 sampai Rp 500.000
  • Perhiasan berlian: Rp 1.500.000 sampai Rp 5.000.0000
  • Perhiasan batu Kalimantan: Rp 100.000 sampai Rp 2.000.000
Mudahnya bahan baku perhiasan dan minimnya biaya produksi menjadi salah satu faktor yang menyebabkan miringnya harga perhiasan-perhiasan tersebut. Untuk membeli perhiasan tersebut, wisatawan dapat mengunjungi berbagai toko perhiasan di Pasar Intan Martapura. Toko-toko di Martapura yang menjual perhiasan dengan kualitas baik diantaranya:
  1. Toko Cahaya Bumi Selamat. Toko ini menjual perhiasan dan berbagai batu mulia dengan kreasi unik, dengan corak ukiran perhiasan yang sangat menarik.
  2. Indra Permata. Toko ini memiliki stok perhiasan yang cukup banyak sehingga wisatawan dapat memilih perhiasan mana yang mereka sukai. Harga perhiasan di toko ini juga lebih rendah dibanding toko lainnya.
  3. Martapura Permata. Toko yang berada di Loktabat ini menjual perhiasan dengan model yang beragam. Harga perhiasan di toko ini cukup tinggi, karena corak dan tekstur perhiasan di toko ini sangatlah berkualitas.
Pasar Intan dan Cenderamata Cahaya Bumi Selamat boleh jadi adalah pasar intan yang paling unik di dunia. Meskipun bernama Pasar Intan, namun situasi dan kondisinya tidaklah semewah nama yang disandangnya. Suasana yang tercipta di pasar ini sangat egaliter. Di sini tidak ada toko-toko dengan etalase super mewah seperti lazimnya pasar intan lainnya. Merupakan hal yang wajar dan lumrah jika wisatawan akan menjumpai beberapa toko di pasar tersebut lebih sering tutup daripada buka. Hal ini dikarenakan pemilik toko tersebut lebih gemar menjual intannya secara asongan.
Akses
Pasar Intan dan Cenderamata Cahaya Bumi Selamatlebih kurang berjarak 45 km ke arah Timur dari ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Perjalanan ini bisa ditempuh dengan jalur darat baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Lama waktu tempuh dari Kota Banjarmasin mencapai 45 menit. Jika Anda datang dari Bandara Syamsudin Noor, maka waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai pasar ini relatif lebih singkat. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapai pasar ini.

Harga Tiket
Wisatawan tidak dikenakan tarif tiket masuk apapun untuk berkunjung ke Pasar Intan dan Cinderamata Cahaya Bumi Selamat.

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya
Hanya sekitar 7 km dari pusat kota Martapura, tepatnya di Kecamatan Cempaka, wisatawan dapat mengunjungi tempat pendulangan intan. Di Kecamatan Cempakaini, banyak orang yang mendadak kaya raya karena mendapat uang puluhan juta rupiah begitu berhasil menemukan sebutir intan berkadar di atas puluhan karat.

Disadur dari berbagai sumber.

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger