Wisata Taman Buah Mekarsari Bogor


Taman Buah Mekarsari, berada di kawasan Cileungsi, Bogor. Mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Berada di daerah pinggiran Jakarta, selain mudah dijangkau, taman buah ini juga menyegarkan dan pas bagi anda yang penat dengan segala jenis wisata di pusat kota. Taman Buah Mekarsari pas untuk anda dan keluarga. Di sini, anda bisa menikmati aneka wahana dan fasilitas wisata yang lengkap. Salah satu yang terkenal adalah berkeliling di kebun buah dan mengenal aneka buah. Jika ingin membawa pulang buah-buahan tersebut, anda akan dikenakan biaya tertentu yang sudah ditetapkan. Ada juga wahana seperti permainan di alam terbuka. Anak-anak pasti menyukai wahana seperti ini.
Jika hanya ingin mengelilingi kebun, ada sejumla alat transportasi yang disediakan. Mulai dari sepeda hingga kereta wisata. Untuk kereta wisata ini antriannya cukup panjang, jadi harap bersabar. Ada juga wahana air dan sejumlah fasilitas wisata lainnya. Yang lebih menarik, di Taman Buah Mekarsari ini ada pertunjukkan Pongo atau Orang Utan. Ini menjadi salah satu yang diperkenalkan ke masyarakat dan termasuk populer. Pertunjukkan ini lucu dan menarik karena anda bisa berinteraksi langsung dengan sosok Pongo tersebut. Pertunjukkan Pongo ini hanya bisa dinikmati di Taman Buah Mekarsari ini. Dengan menggunakan teknologi canggih 3 dimensi, teater ini menjadi salah satu alasan saat ini orang-orang mengunjungi Taman Buah Mekarsari. Pongo Show hanya tampil satu kali saja di hari biasa dan 4 kali khusu untuk hari Sabtu dan Minggu.
Tiket masuk Taman Buah Mekarsari ini sebesar Rp. 10.000 / orang dan tiket untuk mobil sebesar Rp. 5.000 dan sepeda motor sebesar Rp. 3.000. Jadi, dengan biaya yang tidak terlalu mahal, Anda dapat masuk ke taman buah seluas 265 hektar ini. Banyak sekali sarana wisata di Taman mekarsari Bogor. Taman seluas 264 hektar ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, diantaranya:

§  Family Garden,
§  Rekreasi Danau (25 ha),
§  Baby Zoo,
§  Rusa Tutul,
§  Garden Center,
§  Greenhouse Melon,
§  Sabut Kelapa Outbound
§  Bunga Bangkai,
§  Kids Fun Valley,
§  Menara Pandang,
§  Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari).
§  Pongo Show
Kegiatan-kegiatan yang menjadi favorit pengunjung antara lain:
  • Company Gathering,
  • Piknik Keluarga,
  • Wisata Kebun Buah/Sayur,
  • Barbeque,
  • Senam Pagi,
  • Fruitwalk (jalan-jalan di kebun buah).
Taman Wisata Mekarsari saat ini sudah mengkoleksi ribuan tanaman dari beberapa jenis species. Selain buah yang ditanam sesuai dengan aslinya, ada juga tanaman buah yang merupakan hasil kreasi sendiri dari Laboratorium Mekarsari. Beberapa produk yang telah dihasilkan dari laboratorium ini telah berhasil menarik minat pengunjung, bahkan sudah menjadi produk unggulan. Sebut saja seperti nenas arnis, barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air toon klow, jambu air cengkih, nangkadak, cempeka dan pedakka.
Tiga jenis buah yang disebut terakhir adalah hasil persilangan antara cempedak dan nangka. Rasa dan aromanya sangat khas. Manis seperti cempedak namun bentuknya seperti nangka. Saat ini tanaman tersebut sedang dalam pengembangan. Bila tertarik untuk membeli bibitnya, bisa di dapat di Garden Center, tempat yang mengkhususkan menjual aneka bibit tanaman buah.

Program Paket Wisata
Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Mekarsari, mulai dari wisata petik buah, wisata mainan anak-anak, outbound sampai wisata pendidikan. Untuk mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut kita bisa memilih paket-paket yang telah disediakan oleh pengelola, seperti paket tur menanam, budidaya tanaman, tur berkebun, paket pelajar, paket perusahaan, perkemahan, outbound, kultur jaringan tanaman, paket hiburan dan masih banyak lagi. Semua paket-paket tersebut sengaja dibuat untuk memudahkan kita melakukan aktivitas selama berada di kebun buah tropis terbesar di dunia ini.
Bila Anda tertarik untuk mengunjungi Mekarsari, segeralah jadwalkan kunjungan Anda. Untuk lebih memberikan kenyamanan dan kepuasan, sebaiknya Anda konfirmasi terlebih dahulu melalui telepon, guna menda-patkan informasi yang cukup jelas mengenai fasilitas dan waktu yang tepat untuk berkunjung. Anda bisa menanyakan, tanaman apa saja yang sedang berbuah, karena tidak semua tanaman berbuah setiap saat secara bersamaan. Anda tentunya tidak mau kecewa dengan melihat tanaman yang ada di Mekarsari tanpa melihat buah-buah yang bergantungan.
Apalagi jika Anda berkunjung secara rombongan, tentunya harus konfirmasi terlebih dahulu agar saat berada di lokasi, Anda akan terasa lebih nyaman, dan yang pasti Anda bersama rombongan akan selalu dipandu oleh petugas lapangan sambil diberikan penjelasan tentang fasilitas yang ada. Masih banyak fasilitas lainnya. Di Taman Buah Mekarsari juga ada akomodasi yang unik, yaitu rumah pohon. Jadi, anda akan menginap di sebuah rumah yang dibangun dan dibuat sedemikian rupa hingga anda seperti benar-benar menginap di rumah pohon. Belum lagi, anda akan diberi fasilitas barbeque di malam harinya.

Disadur dari berbagai sumber.

0 comments:

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger