Wisata Kuliner : Sega (Nasi) Lengko Khas Cirebon Yang Nikmat



Cirebon tidak hanya punya hidangan khas nasi jamblang. Saat berkunjung atau sekadar melintas kota di pesisir utara Jawa itu, cicipilah nasi lengko. Meski sama-sama berbahan dasar nasi, penyajian dan lauk lengko berbeda dengan jamblang. Sega lengko atau nasi lengko dalam bahasa Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan yang rendah kalori dan juga terbuat dari bahan non-hewani. Untuk membuat nasi lengko yang digunakan antara lain nasi putih dalam keadaan panas, lalu ditambah dengan tahu goreng, mentimun, tempe goreng yang telah dicacah, tauge yang sudah direbus, dan potong kecil-kecil daun kucainya. Dan terakhir sebagai pelengkap di atas nasi lengko ditaburi dengan bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis.  
Soal rasa, nasi lengko ini tak ada duanya. Perpaduan nasi ditambah sayur-sayuran yang segar menimbulkan rasa yang segar ketika disantap, dan juga ada rasa gurih yang berasal dari bumbu kacang dan bawang goreng. Kuliner ini sebenarnya sangat sederhana, hanya nasi putih dicampur dengan berbagai macam sayuran. Namun nasi lengko ini sangat digemari, khususnya di daerah Cirebon. Nasi lengko ini sangat menyehatkan bagi tubuh karena kaya akan serat dan protein. Karena sebagian besar bahan yang terdapat didalamnya terdiri dari sayur-sayuran segar. Sebagai penambah selara makan, nasi lengko ini biasanya ditemani dengan sate kambing. Sate kambing ini membuat rasa dari nasi lengko semakin enak ketika dinikmati terutama ketika di siang hari dan perut keroncongan. 
Tidak ketinggalan kerupuk aci sebagai pelengkap sajian nasi lengko ini. nasi lengko sebenarnya mirip dengan nasi pecel madiun atau pecel pada umumnya. Isinya berupa nasi yang di atasnya diberi irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai.Kelezatan nasi lengko sebenarnya terletak pada rasa pedas sambalnya. Namun untuk yang tidak suka pedas, jangan khawatir. Tuang kecap di atas sambal sesuai selera. Rasa kecap manis bercampur sambal dijamin lezat di lidah.

Lebih afdol lagi bila disantap bersama kerupuk dan biasanya juga terdapat sate kambing muda. Saat sedang berada di cirebon sepertinya anda haruss mencoba masakan khas yang satu ini walaupun sudah sedikit sulit menemukannya. Dari yang sedikit itu terdapat sebuah warung yang tedapat di jl pagongan kota cirebon. Hanya dengan Rp 7000 kita sudah bisa mendapatkanseporsi nasi lengko lezat. Harga untuk satu porsi nasi lengko khas Cirebon ini dihargai dengan harga Rp. 7000,anda sudah bisa mendapat satu piring nasi lengko lezat belum termasuk dengan sate kambing. Untuk para pecinta kuliner yang suka dengan makanan sehat yang bisa memanjakan lidah nasi lengko inilah pilihannya. Segera meluncur ke daerah pantura tepatnya di Cirebon. Rasakan kelezatan dan kenikmatan yang dihasilkan nasi lengko. Sehat, bergizi, lezat! Selamat menikmati.

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger