Berwisata Kuliner di Floating Market Lembang


Siapa bilang floating market alias pasar terapung hanya ada di daerah Banjarmasin dan Thailand saja, Bandung juga punya floating market yang tak kalah indahnya.
Bandung yang terkenal dengan pegunungannya ternyata menyimpan banyak tempat wisata yang tidak banyak orang yang tahu. Anda akan merasakan suasana yang berbeda saat mengunjungi pasar terapung ini.
Floating market ini berlokasi di daerah Lembang, Bandung Utara, tepatnya di dekat Grand Hotel Lembang. Untuk dapat menikmati suasana floating market Lembang ini, Anda dapat mengunjunginya pada Senin hingga Minggu. Pada hari biasa Anda hanya dapat menikmati pemandangannya saja tanpa membeli jajanan di pasar terapung. Untuk menikmatinya secara keseluruhan ada baiknya Anda berkunjung pada akhir pekan mulai pukul 08.00-21.00 WIB.
Untuk memasuki area Floating Market Lembang, anda harus membeli tiket masuk seharga Rp. 10.000 / Orang, sedangkan kendaraan roda empat dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000. Tiket masuk dapat ditukarkan dengan segelas minuman hangat atau dingin di pintu masuk.
 
Pasar terapung di sini tidak berjualan sayur, buah, atau daging mentah, melainkan menjajakan berbagai jenis makanan dan jajanan yang enak, misalnya baso tahu, colenak, siomay, tahu lembang, surabi, sosis bakar, tempe mendoan, batagor, lotek, jagung bakar, karedok, otak-otak, ketan bakar, duren bakar, jamur, dim sum, dan lain-lain dengan harga mulai dari 5,000 Rupiah untuk makanan ringan sampai dengan 35,000 Rupiah untuk makanan yang lebih berat. Selain itu, perahu-perahu yang menjajakan berbagai jenis makanan ini juga sudah diatur dan diparkir dengan rapi, tidak seperti di pasar terapung tradisional yang berantakan, sehingga pengunjunglah yang akan mendatangi perahu-perahu ini. Total ada sekitar 46 perahu dengan dagangan yang berbeda-beda.
Untuk dapat berbelanja dan bermain di wahana permainan Floating Market Lembang, anda harus menukarkan uang anda dengan koin khusus. Koin khusus ini ada 4 jenis dengan 4 warna berbeda sesuai dengan nilai koin tersebut. Nilai koin yang ada yaitu 5,000 (kuning), 10,000 (biru), 50,000 (pink), dan 100,000 (oranye). Saran saya, lebih baik tukarkan koin dengan nilai 5,000 dan 10,000 saja dalam jumlah banyak dari pada koin dengan nilai yang besar. Ingat, koin yang sudah anda tukarkan tidak dapat diuangkan kembali, namun dapat anda bawa pulang dan dipakai di kunjungan anda yang berikutnya.
Selain pasar terapungnya, Floating Market Lembang juga mempunyai fasilitas gazebo di sektiar danau yang dapat anda sewa dengan biaya 65,000 Rupiah per jam. Terdapat juga berbagai wahana permainan dan kegiatan menarik yang sangat cocok untuk anak kecil dan keluarga.
Untuk mencapai Floating Market Lembang, dapat ditempuh baik dengan kendaraan umum maupun pribadi. Terdapat beberpa pilihan kendaraan umum yang dapat anda gunakan, salah satunya ialah jurusan ST Hall (Stasiun Bandung) - Lembang. Jarak Floating Market Lembang tidak terlalu jauh dari Pasar & Terminal Lembang, mungkin sekitar 300-400 meter, anda bisa menggunakan kendaraan umum yang akan kembali menuju Bandung dari terminal Lembang dan lewat tepat di depan pintu gerbang, lokasinya di sebelah kiri jalan.

Disadur dari berbagai sumber.

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger