WIsata Fauna di Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang Bandung ini pada awalnya dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin) yang artinya kebun binatang. Kebun Binatang Bandung didirikan pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP), yang dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Pengesahan pendirian Kebun Binatang ini diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan pengesahannya dituangkan pada keputusan 12 April 1933 No.32. Pada saat Jepang menguasai daerah ini, tempat wisata ini kurang terkelola, hingga pada tahun 1948, dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tempat wisata ini. Pada tahun 1956, atas inisiatif dari R. Ema Bratakoesoema, Bandung Zoological Park dibubarkan dan berganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957. Lokasinya dekat dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan dekat dekngan Taman Ganesha Bandung yang beralamat di di Jl. Taman Sari, Bandung.  

Untuk harga masuk seharga Rp 20.000 dan tidak terlalu antre sewaktu saya dan teman saya kesana karena hari itu agak mendung dan agak sore. Kebun binatang memiliki udara yang segar, POHONNYA RIMBUN dan anginnya sejuk. Beberapa hewan di kebun binatang Bandung : ular, burung-burungan, orang utan, beruang, kambing, gajah, harimau, tapir, kijang, zebra, burung, buaya muara dan Siamang dan masih banyak lagi. 
Hewan-hewan yang ada di kebun binatang Bandung di letakkkan di kurungan besi dan ada kandangnya menggunakan fiberglass. Perahu berbentuk angsa berwarna-warni sangat cocok buat bermain di danau buatan yang ditengah-tengahnya yang dihuni oleh beberapa ekor Owa Jawa yang berada di pepohonan. Jika ingin makan ada beberapa tempat semacam cafe yang bisa dikunjungi dan ada toilet yang letaknya tidak jauh dari gerbang masuk yang cukup bersih. 
Disekeliling kebun binatang terdapat beberapa tempat duduk untuk santai dan untuk yang suka narsis anda bisa berfoto dengan hewan-hewan yang ada dan cukup memebayar Rp 20.000 sekali foto baik untuk kuda putih, orang hutan dan ular. Bagi yang berminat, kuda juga disewakan untuk mengitari kebun binatang. Saya sendiri berfoto dengan ular dan orang hutan. Kesan saya ke kebun binatang ini ialah kebun binatang yang cukup bersih tapi lumayan bau dan asik untuk jalan-jalan serta pemandangan dan udara yang sejuk dan berfoto dengan orang utan stress tapi imut dan lucu serta menggemaskan. Jalur Transportasi ke Objek Wisata Ini Dapat di capai dengan angkutan umum jurusan Kebon kalapa-dago, cicaheum-dago, cicaheum-ciroyom, panghegar-dipatiukur, cisitu-tegalega, caringin-sadangserang, dago-caringin.

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger