Wisata Pemandian Air Panas Sangkanhurip Kuningan


Sangkanhurip adalah sebuah lokasi wisata yang terdapat di Cilimus, Kuningan, dimana terdapat pemandian air panas alam bersumber dari gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di jawa barat.
Tempat ini menjadi terkenal karena banyak dibangun hotel dan resort mewah, sehingga wisatawan banyak yang berkunjung untuk menginap dan menikmati pemandangan kaki gunung Ciremai yang indah dan udaranya yang segar, serta untuk berendam di kolam air panas alam yang mengandung belerang.
Sangkanhurip

Kolam Air Panas Sangkanhurip
Salah satu objek wisata yang menjadi Andalan Kabupaten Kuningan adalah kolam air panas Sangkanhurip. Objek wisata alam ini terletak di kecamatan Cilimus, kaki gunung ciremai yang masih asri dan hijau, sekitar 1,5 jam dari kota Cirebon dengan jalan yang mulus. Desa Sangkanhurip merupakan salah satu desa wisata sehingga kita tidak perlu khawatir mengingat warga sekitar sangat ramah dan dapat diandalakn. Hanya dengan Rp. 7000 kita akan disambut dengan area kolam terapi ikan yang dapat kita nikmati sepuasnya. Setelah itu, kita bisa melepas lelah dengan berendam di pemandian air panas yang bersumber dari mata air gunung Ciremai. Kita juga bisa menyewa pemandian ruang tertutup jika menginginkan suasana berendam yang lebih nyaman dan privat.
Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, hanya dengan Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan Rp. 7000 untuk anak anak, kita bisa mendapatkan tempat berendam yang nyaman untuk melepas penat. Terdapat juga pemandian kelas eksekutif jika kita kurang puas dengan pemandian standard. Masih dengan harga yang terjangkau, kita hanya perlu mengeluarkan Rp. 30.000 untuk dewasa, dan Rp 20.000 untuk anak anak. Jika kita ingin menghabiskan waktu disana lebih dari sehari, kita juga dapat dengan mudah menemukan penginapan atau losmen dengan harga yang terbilang murah, berkisar 100 – 150 ribu rupiah per kamar per malam, dengan fasilitas mandi air panas yang juga dapat kita nikmati di sana. Tidak diragukan lagi, Sangkanhurip merupakan objek wisata alam yang menyenangkan dan tentunya hemat.

Fasilitas
Sangkanhurip menawarkan sensasi air panas alami yang kaya akan sulfur berasal dari gunung Ceremai. Air panas Sangkanhurip bermanfaat untuk relaksasi tubuh dan menyembuhkan berbagi macam penyakit kulit. Fasilitas yang tersedia adalah kolam renang dan bilik-bilik pemandian pribadi. Wahana wisata ini dapat dicapai dari Kota Cirebon dan dari Kota Kuningan. Lokasinya strategis berada pada jalur utama jalan raya Kuningan-Cirebon yang banyak dilalui oleh kendaraan umum baik bus maupun minibus. Hanya berjarak ± 300 meter dari jalan raya utama. Kondisi jalan beraspal baik.
Sangkanhurip adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan. Sangkanhurip merupakan sebuah kawasan pemandian air panas yang terletak di kaki gunung Ceremai tepatnya di Kecamatan Cilimus, berjarak ±14 km dari pusat kota Kuningan.
Sangkanhurip
Bersebrangan dengan kawasan Sangkanhurip, di sebelah kanan adalah jalan menuju objek wisata Linggarjati, apabila anda sedang berkunjung ke Sangkanhutip, sempatkanlah sebentar untuk mengunjungi Museum Perundingan Linggarjati, hanya sekitar 15 menit perjalanan dari Sangkanhurip.

Disadur dari berbagai sumber.

2 komentar :

Unknown said...

Kami pernah ke objek wisata ini... enak banget tempatnya.. memenag sesuai dengan yang dituliskan di artikel ini..
Terimakasih sudah berbagi informasi ya...
Salam Dari Kami...
Vila Istana Bunga

Arie Boy said...

Iaaa sama2.. wah anda pernah ke ksana yaa,, memang sangkanhurip merupakan primadona wisata di wilayah kuningan cirebon dan indramayu..makasih udah berkunjung

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger