Panorama Indah Perkebunan Teh Margawindu

 
Sedang liburan di Sumedang dan ingin jalan-jalan ke perkebunan teh?? Pasti banyak orang yang akan langsung berpikir tentang kawasan wisata Puncak di Bogor. Bagi urang Sumedang ataupun wisatawan yang sedang berlibur, sebetulnya tidak perlu jauh-jauh harus menuju kawasan wisata Puncak yang selalu penuh dan macet disaat liburan atau weekend, sejak dulu Sumedang sudah punya kawasan perkebunan teh namanya Margawindu yang terletak di kawasan perbukitan Desa Citengah, kecamatan Sumedang Selatan. Karena (mungkin) tidak dan belum sekomersil kawasan perkebunan teh di Puncak, pengunjung diuntungkan dengan suasana yang jauh lebih asri dan alami disini. Bisa dikatakan juga bahwa belum menjadi orang Sumedang jika belum pernah berkunjung ke perkebunan teh Margawindu
Perjalanan menuju daerah tujuan wisata Margawindu ini dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 - 45 menit dengan menggunakan motor ataupun mobil. Namun sangat disayangkan ketika beberapa waktu lalu penulis pergi berkunjung kesini, kondisi jalan dalam keadaan sangat rusak. Semoga kedepannya akan ada tindak lanjut serius dari pihak pemerintah Sumedang, khususnya dinas pariwisata.
Sesampainya di perkebunan teh, udara yang segar telah menyambut pengunjung agar mau berlama-lama disana. Barisan bukit-bukit yang ditumbuhi hijaunya pohon teh menjadi pemandangan yang memanjakan mata pengunjung, yang mungkin sudah bosan dengan rutinitas di perkotaan. Menurut masyarakat sekitar, di perkebunan teh Margawindu ini dulunya terdapat rumah orang Belanda. Hal itu terbukti dari ditemukannya fondasi rumah, tegel, dan sisa-sisa bata yang antik. 
Sayangnya sekarang jumlah pengunjung yang berkunjung ke perkebunan teh Margawindu mulai mengalami penurunan. Menurut beberapa orang yang mempunyai warung makanan disana, penurunan pengunjung ini (mungkin) akibat dari kurangnya perawatan yang baik terhadap perkebunan teh sekitar juga kondisi jalan menuju lokasi. Semenjak perusahaan swasta yang menyewa perkebunan Margawindu tidak lagi memperpanjang sewanya, kondisi perkebunan menjadi kurang terawat. Kini, perkebunan tersebut dimanfaatkan dan dirawat oleh masyarakat sekitar menggunakan peralatan tradisional dan seadanya. 
Namun dibalik itu semua, perkebunan teh Margawindu tetap menyimpan pesonanya sebagai kawasan wisata yang masih asri dan menawarkan kondisi alam yang segar dan nyaman, sehingga penulis sangat merekomendasikan anda untuk mengunjunginya. 
Bagi pengunjung yang berminat untuk menginap, sangat disayangkan bahwa disini belum tersedia penginapan, mungkin anda bisa saja ikut numpang menginap di rumah penduduk atau bisa juga dengan mendirikan tenda sendiri. Hal yang perlu diperhatikan jika ingin mendirikan tenda disini, tentunya melapor kepada pihak aparat desa atau warga sekitar serta membawa perlengkapan dan kebutuhan perbekalan sebelumnya.
Sementara jika ingin mendapatkan pilihan makanan sesuai dengan selera, pengunjung bisa membawa bekal dari rumah dan makan di puncak bukit. Selain itu, sepanjang jalan menuju perkebunan teh Margawindu, pengunjung juga akan melewati beberapa lokasi wisata lain seperti Curug Cigorobog, Saung Cibingbin, dan Citengah. Pada intinya, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Puncak untuk menikmati suasana perkebunan teh, tapi silahkan berkunjung ke perkebunan teh Margawindu Sumedang sebagai alternatif tujuan wisata anda.
 
Sumber : www.inposmd.com

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger