Wisata Telaga Biru Cilembang Surga Tersembunyi

Indonesia sangatlah indah dan dianugerahi banyak keistimewaan alam yang sangat luar bisa. Keindahan alam tersebut terbentang dari Sabang sampai Merauke. Tak perlu jauh-jauh untuk menikmati keindahan alam ke luar negeri. Di negeri kita sendiri pun sangat banyak tempat indah dan menakjubkan yang masih belum diketahui dan belum di promosikan secara luas.
Jangan bangga ketika mampu menjelajahi belahan dunia yang begitu luas. Malulah ketika tidak bisa mengenal betapa indahnya negeri milikmu. Jika kamu sudah mengenal seluk belum alam Indonesia, pasti kamu akan sangat bangga menjadi bagian dari negeri yang indah ini. Tak perlu jauh-jauh untuk traveling, di tempat terpencil dan tak banyak orang tahu pun menyimpan suatu keindahan alam yang tersembunyi. Salah satunya adalah di Sumedang, salah satu desa ditempat ini memiliki pesona tersembunyi yang indah. Nama tempat itu adalah SITU BIRU CILEMBANG.

Situ Biru Cilembang
Nama tempat ini berasal dari tiga kata yaitu “Situ”, “Biru” dan “Cilembang”. Bila diartikan secara etimologi Situ Biru Cilembang berarti “Danau Biru Cilembang”. Belum ada yang menjelaskan secara jelas kenapa tempat ini dinamai Cilembang, padahal tempat ini jaraknya cukup jauh dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dinamai “Biru” karena memang danau mini air ini memiliki air yang biru dan sangat jernih, karena sangat bening kamu bisa bercermin di tempat yang indah ini.
Keunikan dari danau mini ini adalah letaknya yang sangat tersembunyi, yaitu berada di tengah sawah dan diantara rimbunnya pepohonan bambu. Tempat ini selain jernih airnya, juga sangat hijau dan menyegarkan pemandangan di sekitar danau biru ini.

Danau Biru Instagram
Situ Biru Cilembang ini sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun baru pada awal januari 2016 tempat ini resmi dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata. Sebelumnya danau ini dipakai sebagai kolam pemancingan bagi warga sekitar, dan hal itu akan semakin ramai pada musim puasa yaitu pada waktu “ngabuburit”. Mereka menghabiskan waktu ditempat ini sambil menikmati keindahan alam yang indah di sekitar danau biru ini.
Tak dapat diragukan bila sosial media memegang peranan yang sangat penting. Tempat yang semula biasa saja, bisa berubah menjadi ramai dikunjungi ratusan pengunjung setiap harinya. Hal itu terbukti pada tempat ini, awalnya hanya beberapa orang saja yang datang dan kemudian berselfie di danau biru ini, lalu mereka memposting fotonya di beberapa sosial media, maka jadilah tempat ini semakin dikenal banyak orang dan semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Dan kini Situ Biru Cilembang ini menjadi salah satu wisata alternatif yang ada di Sumedang.

Mata Air Tua yang Tetap Memesona
Situ Biru Cilembang ini berbentuk seperti danau kecil yang airnya sangat jernih dan berwarna biru karena akibat dari pantulan cahaya sinar matahari. Sebenarnya danau biru ini adalah sebuah tempat mata air, namun sumber dari mata air ini bisa dikatakan tidak terlihat karena berada di dasar danau.
Di tempat ini dahulu ada tiga buah mata air yang letaknya sangat berdekatan. Yang pertama berada di puncak bukit, mata air kedua berada di bawahnya yang kini disebut sebagai Situ Biru Cilembang, sedangkan satu lagi berada di paling bawah dan berada di dekat sawah. Mata air yang ketiga ini bisa untuk digunakan untuk berenang dan berbentuk seperti kolam renang mini. Namun sayang, mata air yang berada di puncak bukit sudah tidak ada karena terjadi longsor, sehingga sumber air yang dulu terlihat mengalir menuju Situ Biru Cilembang menjadi tertutup dan tak terlihat.
Situ Biru Cilembang ini sudah sejak lama ada, dan kolam renang mini yang kini sering digunakan sarana untuk berenang bagi warga sekitar sudah ada sejak tahun 60-an. Meskipun umur dari mata air dan kolam renang ini sudah tua, tapi warnanya yang biru dan jernih masih tetap memesona dan indah.
20160124_140845
Tak Boleh Berenang di Situ Biru Cilembang
Untuk kamu yang ingin menikmati segarnya Situ Biru Cilembang ini, kamu hanya bisa menikmatinya sebatas cuci muka saja. Kamu tak diperbolehkan berenang atau mencuci kaki. Hal itu dikarenakan agar tempat ini tak menjadi kotor dan tetap terjaga keasriannya. Selain itu tempat ini juga masih dikeramatkan oleh warga sekitar.

Fasilitas Situ Biru Cilembang
Situ Biru Cilembang ini sebagai tempat wisata lokal bisa dibilang telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Ditempat ini terdapat toilet serta kamar ganti bagi mereka yang sudah basah karena telah berenang di kolam renang mini. Ditempat ini juga terdapat sasaungan bagi mereka yang ingin melepas lelah atau duduk agar tak kehujanan saat hujan datang, ditempat ini juga banyak terdapat warung kecil yang menjual beberapa makanan dan minuman yang bisa dibeli agar tak kelaparan atau kehausan.
Akses jalan menuju lokasi Situ Biru Cilembang ini juga sudah baik sehingga para pengunjung bisa berjalan kaki dengan nyaman. Lokasi parkir untuk kendaraan motor pun sudah tersedia ditempat ini. Namun untuk kamu yang membawa kendaraan roda empat atau mobil, tempat ini tak memiliki cukup ruang yang luas.
20160124_141638
20160124_141617

Tiket Masuk Situ Biru Cilembang
Untuk bisa menikmati semua keindahan alam dan birunya danau mini ini kamu hanya perlu membayar biaya seikhlasnya sebagai perawatan dari wisata alam ini. Namun saat ini, Situ Biru Cilembang telah digarap oleh pemuda Karang Taruna desa Conggeang, dan dikemudian hari akan diberlakukan sistem retribusi tiket setelah mendapat persetujuan dari pengurus desa dan warga setempat yang tanahnya dipakai sebagai akses jalan dan berdekatan dengan kawasan wisata Situ Biru Cilembang.
Selain itu kamu hanya perlu membayar parkir sebesar 2.000 rupiah untuk kendaraan motor dan 5.000 rupiah untuk kendaraan mobil.

Lokasi/Alamat Situ Biru Cilembang
Secara administratif Situ Biru Cilembang ini berada di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Biru Cilembang
Untuk bisa sampai di Situ Biru Cilembang ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalanan pun sudah bagus meskipun ada jalan yang berlubang atau bergelombang di beberapa titik.
Tujuan utama adalah mengunjungi Sumedang, lalu mengarahkan kendaraan menuju Perempatan Cimalaka. Setelah tiba di Perempatan Cimalaka, kembali arahkan kendaraan menuju Pertigaan Legok. Dari tempat tersebut tinggal mengikuti jalan menuju Kecamatan Buahdua, Desa Hariang. Kurang lebih sekitar 5 km dari Pertigaan Legok menuju Desa Hariang.
Berikut adalah rute singkat apabila bertolak dari Kota Bandung ; Kota Bandung – Cibiru – Cinunuk – Jatinangor (melewati Kampus IKOPIN, ITB & UNPAD) – Sumedang Kota (melewati Gunung Kunci & Makan Cut Nyak Dien) – Perempatan Cimalaka – Pertigaan Legok – Kecamatan Buahdua – Desa Hariang.
Gimana tertarik untuk datang dan mengunjungi Situ Biru Cilembang yang airnya biru ini? Jangan lupa ajak keluarga, teman atau partner traveling kamu agar perjalananya tak membosankan.
Happy wonderful traveling!

Sumber : http://ridwanderful.com

1 komentar :

silviatan777 said...

Bingung cari situs judi online teraman dan terpercaya di Indonesia?. Mari bergabung bersama kami & nikmati bonus menarik dari kami. Hanya dengan minimal deposit Rp 20.000 saja, anda sudah memiliki peluang untuk memenangkan puluhan juta bahkan sampai ratusan juta rupiah setiap harinya.

Telah hadir situs terpercaya untuk bermain game online

Menyaediakan 8 game dalam satu id
* POKER
* BANDAR Q
* BANDAR POKER
* DOMINO
* CAPSA SUSUN
* ADU Q
* BANDAR 66
* SAKONG

keunggulan bermain di PESONAQQ :

* Minimal deposit hanya Rp 20.000
* Minimal tarik dana Rp 20.000
* Dilayani oleh CS profesional dan ramah, 24 jam online
* Proses Depo & WD super cepat
* No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
* Bonus Referal 100% - 200%
* Bonus TO di bagikan tiap hari s/d 0.5%

Untuk Info Lebih Lanjut Contact CS Kami :
*Livechat
* WA : +85511817618
* BBM : 7A996166

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger