Wisata Pantai Glayem Indramayu

Salah satu pantai yang ada di wilayah Kecamatan Juntinyunyat adalah Pantai Glayem. Pantai itu dahulu adalah pelabuhan yang biasa disinggahi oleh nelayan setempat.Bahkan ada kepercayaan masyarakat setempat yang unik. Menurut kepercayaan itu nelayan yang singgah di pelabuhan itu ikan hasil tangkapannya akan lebih laris. Selain itu rasa  ikannya juga lebih enak.
Pantai Glayem berada di Desa/Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Lokasinya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Indramayu atau 35 kilometer dari Kota Cirebon. Tidak sulit menemukan objek wisata yang mulai dibuka pada tahun 2004 silam ini. Lokasinya hanya 500 meter dari jalur utama Cirebon-Indramayu. Jika menggunakan angkutan umum, pengunjung dari Cirebon cukup menumpang angkutan elf jurusan Cirebon-Indramayu dengan tarif Rp7000 dan waktu tempuh sekitar 35-45 menit.
Sejak dibuka 10 tahun lalu, pengunjung Pantai Glayem saat ini meningkat pesat. Jumlah pengunjung per minggunya mencapai 1000-an orang. Jumlah tersebut meningkat pesat saat musim libur sekolah dan hari-hari besar seperti Lebaran dan Tahun Baru. Tiket masuk yang cukup murah, hanya Rp5000/orang, menjadi salah satu daya tarik banyaknya wisatawan berkunjung ke Pantai Glayem.
Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling Pantai Glayem menggunakan perahu bermotor dengan kapasitas 10-15 orang yang disewakan dengan tarif Rp5000/orang. Riak ombaknya yang tidak terlalu besar pun membuat pengunjung nyaman untuk berenang. Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang atau anak-anak, disediakan juga penyewaan ban dengan tarif Rp2000-Rp5000/jam.
Di pantai Glayem terdapat rumah makan yang terkenal yaitu Perdut yg menyajikan sajian seafood dan ikan bakar dengan cita rasa yang menggoda. Selain itu ada juga warung-warung yang menyediakan makanan yang lain seperti bakso, mi ayam dan aneka cemilan-cemilan. Bagi anda pecinta kopi di warung-warung penjual makanan bisanya juga menyediakan kopi.
Pada saat libur pnjang biasanya ada acara panggung hiburan,yang biasanya diisi oleh artis-artis Pantura yang sudah terkenal. Para pengunjung di pantai Glayem bukan hanya dari wilayah Juntinyuat tapi dari wilayah tiga Cirebon. Yang dimaksud wilayah tiga itu adalah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan. Selain disebut sebagai daerah wilayah tiga ada juga sebutan yang lain yaitu wilayah Ciayumajakuning.

Disadur dari berbagai sumber.

2 komentar :

ani suryani said...

indramayu memang pantas jadi tujuan liburan,jadi pingin lagi kesana,ingat pas berlibur dulu sama sang kekasih,by admin Wisata Pantai Selatan

ani suryani said...

indramayu memang pantas jadi tujuan liburan,jadi pingin lagi kesana,ingat pas berlibur dulu sama sang kekasih,by admin Wisata Pantai Selatan

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger