Tempat Wisata Favorit di Palembang


1. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera adalah tempat wisata paling terkenal di Palembang. Jembatan Ampera juga sudah menjadi Landmark bagi Kota Palembang. Tidak sreg rasanya kalau berkunjung ke Palembang tanpa mengunjungi Jembatan Ampera. Banyak sekali faktor penyebab kenapa Jembatan Ampera begitu populer bagi masyarakat Indonesia. Pertama, karena Jembatan Ampera dulunya adalah jembatan tercanggih sekaligus di Indonesia. Selain itu, Ampera didirikan oleh bangsa Jepang pada masa pemerintahan Presiden Soekarno sebagai rasa permintaan maaf telah menjajah Indonesia.

2. Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera merupakan tujuan wisata yang satu paket. Sebab bila ke Ampera pasti kita melewati Benteng Kuto Besak. Karena sekarang tidak diperbolehkan untuk berfoto ria di areal Jembatan Ampera ketika siang dimana lalu lintas jalan sangat padat. Banyak orang memilih mengambil foto Jembatan Ampera dari Benteng Kuto Besak, yang konon merupakan benteng andalan Wong Kito untuk menangkal serangan para penjajah.

3. Monumen Penderitaan Rakyat

Monpera teletak mengapit duo ikon wisata Kota Palembang, yaitu Jembatan Ampera dan Benteng Kuto Besak. Sesuai namanya, monumen ini berisi tentang peninggalan masa penjajahan. Buat Anak Unsri yang mencintai sejarah dan ingin belajar budaya lokal, bisa mengunjungi monumen ini untuk mendapatkan pengetahuan dan referensi baru seputar keadaan Indonesia sebelum merdeka.

4. Masjid Agung Palembang
Masjid Agung merupakan masjid terbesar yang ada di Palembang. Letaknya yang berdekatan dengan pusat kota menjadikan masjid ini selalu ramai jamaah yang ingin beristirahat sejenak ataupun beribadah. Lokasinya yang tidak jauh dari 3 areal wisata diatas, menjadikan masjid ini mau tidak mau menjadi salah satu destinasi wisata wisatawan.

5. Kambang Iwak Family (KIF) Park
Kambang Iwak bisa dikatakan sebagai tempat nongkrongnya anak gaul Palembang. Bagaimana tidak, hampir semua klub ataupun komunitas memiliki agenda di tempat ini. Selain tempatnya yang asri dan nyaman, KIF Park juga sangat baik menarik bagi wisatawan karena selain bisa berwisata, di KIF Park wisatawan juga bisa sambil berolahraga. Kambang Iwak sendiri merupakan danau buatan yang telah ada sejak jaman Belanda.

6. Pulo Kemaro
Inilah destinasi tujuan wisata terpopuler setelah Ampera. Pulo Kemaro merupakan pulau yang sangat unik. Terletak di tengah-tengah sungai yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian, SungaiMusi. Banyak wisatawan yang berwisata ke Pulo Kemaro karena ingin menikmati suasana naik getek(perahu tradisional Palembang) dari Jembatan Ampera sampai ke Pulo Kemaro. Legenda kisah cinta Tan Bun An dan Siti Fatimah juga makin membuat orang penasaran mengunjungi tempat ini.

7. Taman Purbakala Bukit Siguntang

Taman Purbakala Bukit Siguntang, terletak di derah barat Kota Palembang. Bukit SIguntang merupakan salah satu tempat wisata yang bernilai historis tinggi. Tempat ini merupakan areal pemakaman makan-makam kuno dari jaman Kerajaan Sriwijaya. Sayangnya,tempat wisata yang bernilai historis sangat tinggi ini seperti diabaikan, sehingga malah menjadi tempat untuk berbuat mesum.

8. Punti Kayu
Hutan Wisata Punti Kayu, sebuah hutan wisata kota yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota dengan luas 50 ha dan sejak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Didalam hutan ini terdapat area rekreasi keluarga dan menjadi tempat hunian sekelompok.

9. Kawah Tekurep
Kompleks pemakaman raja jaman Kerajaan Palembang Darussalam. Di kompleks pemakaman ini disemayamkan SUltan Mahmud Badarudin 1, sang pendiri Kesultanan Palembang Darussalam. Kompleks ini sekarang kurang begitu terawat. Tapi buat kamu yang suka tempat bersejarah, lumayan asik kok muter-muter di kompleks ini.

Disadur dari berbagai sumber.

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger