Kuliner Khas Papua, Papeda dan Ikan Kuah Kuning


1. Papeda
Papeda merupakan makanan khas masyarakat Papua dan Maluku. Papeda telah menjadi makanan Pokok bagi masyarakat Papua, biasanya Kuliner ini di sajikan bila ada acara - acara adat. namun sekarang dengan mudah kita jumpai di Restauran atau Rumah makan yang menyediakan Kuliner Khas Papua dan Maluku ini.
Terbuat dari batang pohon sagu, cara pembuatanya pun masih menggunakan cara - cara tradisional yaitu dengan menokok batang utama pohon sagu yang telah berumur kira - kira sekitar tiga sampai lima tahun, kemudian bonggolnya di peras hingga sari patinya keluar, dan dari sari patinya ini di peroleh tepung sagu murni kemudian disimpan didalam alat yang disebut tumang dan siap untuk diolah. Sagu memiliki sumber karbohidrat, dan Gizi yang terkandung di dalamnya pun cukup tinggi sehingga Papeda bisa menjadi makanan Pokok pengganti Nasi.
Nah, sagu ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia bagian timur, khususnya Maluku dan Papua. Tapi ternyata juga dikenal oleh masyarakat rumpun melayu yang lain, seperti Malaysia dan Brunai. Bahkan makanan yang disebut papeda ini, dikenal juga di sana dengan nama ‘Linut’. Selain itu, di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat daerah Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur), papeda dikenal dengan nama ‘Kapurung’.
Cara pembuatan Papeda sangat mudah, dan mungkin semua orang di Papua dapat membuatnya, bila sahabat pembaca ingin memperlajarinya  silakan berkunjung ke Papua untuk mempelajarinya pada Ibu-ibu yang sudah mahir, kalau belum mahir apa bisa di kata Papua gak yah neh Ibu-Ibunya, tapi saya yakin Mayoritas Ibu - Ibu di Papua dapat membuatnya. Mau belajar Buat Papeda tapi kalau ke Papua jauh?, masa cuman belajar buat Papeda saja kok musti ke Papua!. yah memang harus, karena untuk Menyantap Papeda kudu kunjungin dan kenali dulu Daerah Papua agar Menjadi Lengkap, Karena bila menyantap Papeda tanpa Berwisata ke Papua, rasanya akan Terasa hambar.

2. Ikan Kuah Kuning
Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam suku, bahasa, budaya dan terkenal pula dengan keanekaragaman kulinernya. Untuk itu, kali ini saya akan membahas mengenai kuliner dari sebuah daerah yang berada di ujung wilayah indonesia yaitu papua dengan masakan kuliner-nya “Ikan Kuah Kuning” yang terkenal dengan citarasa lezat dari kuahnya.
Yaa.. Ikan kuah kuning, sesuai dengan namanya kuliner khas papua ini terlihat berwarna kuning dengan hiasan menggunakan tomat dan cabe merah. Masakan tersebut berbahan dasar dari ikan tuna atau ikan cakalang dan dikombinasikan dengan bahan-bahan rempah-rempah seperti kunyit, tomat, cabai, santan, daun salam dan lain-lainnya.
Cara pembuatan kuliner ikan kuah kuning pun cukup mudah, pertama anda perlu merendam ikan yang sudah dipotong-potong dan diberi garam pada lauratan air asam selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu ikan di goreng sampai matang. Bila ikan sudah matang, tumis bumbu-bumbu rempahan yang sudah dihaluskan, masukan santan dan selanjutnya masukan ikan yang sudah digoreng tadi. Diamkan hingga bau harum tercium.
Biasanya masakan ikan kuah kuning sering disantap bersamaan dengan masakan lainnya yaitu papeda. Namun jika anda tidak menyukainya, anda pun dapat menggunakan nasi putih sebagai penggantinya. Menarik bukan, pastikan anda menikmati kuliner ini jika anda mengunjungi daerah papua. Anda pasti akan memperoleh pengalaman yang menarik dari rasa masakannya.

Disadur dari berbagai sumber.

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger