Aneka Kuliner Khas Madura Yang Nikmat


Citarasa unik yang dimiliki oleh makanan khas Madura ini menjadi kekhasan tersendiri yang tidak bisa tidak memang dimiliki oleh setiap makanan khas yang ada di Indonesia. Selain citarasa, sajian serta cara pengolahannya pun pasti memiliki sedikit perbedaan. Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan. Perbedaan yang tidak terlalu signifikan ini disebabkan karena memang selera masyarakat Indonesia yang sama. Setidaknya hampir sama. Makanan khas Madura juga ikut menyertakan berbagai rempah-rempah dalam pengolahannya, pun demikian dengan sebagian besar makanan yang ada di Indonesia.
Tidak akan ada habisnya jika membicarakan makanan khas Indonesia. Negeri yang terdiri dari banyak daerah ini tentu saja memiliki keanekaragaman makanan khas yang akan membuat Anda ketagihan. Makanan khas Madura bisa jadi salah satunya. Keanekaragaman makanan khas yang dimiliki oleh Indonesia ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi bidang pariwisata yang dimiliki Indonesia. Ketika seuatu wilayah banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, bukan tidak mungkin, makanan khas tersebut juga ikut diperkenalkan. Hal seperti ini juga bisa saja berkenaan dengan makanan khas Madura.

Berikut ini info masakan dan makanan khas madura :

1. Soto Madura
Makanan khas Madura yang pertama rasanya sangat akrab bagi Anda, ya, makanan tersebut adalah soto. Soto madura menggunakan bahan dasar daging sapi, telur rebus, tauge, dan kentang goreng. Adapun bumbu kuahnya terdiri atas bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, jeruk purut, dan garam.
Soto madura disajikan dengan taburan daun bawang, daun seledri, dan bawang goreng. Untuk pelengkap, makanan khas Madura yang satu ini dihidangkan dengan sambal dan irisan jeruk nipis.
Di Sumenep, soto disajikan dengan singkong rebus. Makanan khas Madura yang unik ini memakai tauge goreng, bihun, bawang daun, bawang goreng, daging sapi, dan usus sapi. Soto sumenep disajikan dengan bumbu kacang yang dibuat dari kacang, petis, dan pisang muda, yang diulek hingga halus.
Lain lagi di Pamekasan. Soto pamekasan berbahan kentang rebus, perkedel kentang, dan tauge, yang diguyur kuah kaldu bening berbumbu merica dan bawang putih. Soto sumenep dihidangkan dengan taburan bawang goreng dan daun seledri. Sebagai pelengkap, soto dimakan dengan lontong, rempeyek, dan bakwan jagung. Nyatanya, makanan khas Madura ini sendiri memiliki keragaman justru di daerahnya itu sendiri. Benar-benar unik dan kaya bukan?
Sementara itu, di Bangkalan, selain daging sapi, kadang soto memakai bahan daging ayam atau jeroan. Soto bangkalan disajikan dengan taburan kentang goreng. Untuk kuahnya, makanan khas Madura ini memiliki dua jenis, yakni kuah bening dan kuah kuning.

2. Nasi Jagung
Makanan khas Madura yang selanjutnya adalah nasi jagung. Kondisi tanah dan iklim Madura sangat cocok untuk tanaman jagung. Rasa jagung yang ditanam di Madura, konon, lebih enak dibanding jagung dari daerah lain. Sebagian masyarakat Madura, bahkan, menggunakan jagung sebagai makanan pokok.
Jika Anda bekunjung ke Madura, penjual nasi jagung dapat dengan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Biasanya, penjual nasi jagung membawa dagangannya dalam bakul bambu. Makanan khas Madura ini sangat sederhana, meskipun demikian, citarasanya akan mampu membuat Anda ketagihan.
Makanan khas Madura, nasi jagung madura, tentu saja dibuat dari beras jagung dengan campuran sedikit beras putih biasa. Nasi jagung terasa sedap karena disajikan hangat di atas wadah dari daun pisang. Nasi jagung cukup menyehatkan karena dilengkapi urap sayur-sayuran segar, berupa taoge dan kacang panjang.
Selain urap, pilihan lainnya yang menemani kelengkapan makanan khas Madura ini adalah sayur lodeh. Untuk lauknya, tersedia pepes tongkol dan tempe bumbu bali. Nasi jagung makin terasa sedap jika dimakan dengan sambal.

3. Kaldu Soto (Kalsot)
Makanan khas Madura selanjutnya yang cukup unik adalah ka;ldu soto. Kaldu soto atau biasa disebut kalsot merupakan makanan unik yang mungkin hanya bisa ditemui di Madura. Tampilannya mirip bubur kacang ijo karena kaldu soto menggunakan bahan utama kacang hijau. Meski sama-sama berbahan baku kacang hijau, rasa kaldu soto tentu berbeda dengan bubur kacang ijo. Kaldu soto berasa asin dengan aroma daging yang kuat karena menggunakan kikil sapi. Makanan khas Madura yang berkuah ini akan sangat pas jika disantap saat cuaca sedang dingin.
Selain itu, kaldu soto berbumbu rempah-rempah sehingga terasa gurih. Makanan khas Madura ini makin terasa sedap dengan taburan bawang merah goreng dan seledri. Jika menyukai rasa pedas, kaldu soto dapat ditambah sambal.

4. Sate Lalat
Sate madura bagi kita mungkin sudah biasa. Di setiap kota di Indonesia, hampir bisa dipastikan selalu ada warung sate madura. Namun, pernahkah Anda mencoba sate lalat? Ya, makanan khas Madura yang satu ini memiliki nama yang unik dan cenderung terdengar menjijikan.
Sate lalat atau di Madura disebut sate laler, tentu bukan sate yang dibuat dari bahan lalat. Seperti sate-sate yang lain, sate lalat dibuat dari daging kambing atau ayam. Namun, daging kambing atau ayam tersebut dipotong kecil-kecil sebelum ditusuk dan dibakar sehingga disebut sate lalat. Sebutan sate lalat bagi makanan khas Madura yang satu ini tak lain karena potongan dagingnya yang kecil-kecil sehingga menyerupai lalat.

Disadur dari berbagai sumber.

0 komentar :

Post a Comment

 

Pariwisata Indonesia Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger